IP Kelas Bunda Sayang

Day 5 : Cerdas Finansial

Bismillah

Hisyam sekarang merupakan bentuk asuhan kami sebelumnya. Memanjakan hisyam dengan segala yang ia inginkan telah berdampak karakternya saat ini. Berulang-ulang saya membaca materi maupun cemilan Kelas Bunda Sayang membuat saya berpikir dan memutuskan sudah saatnya hisyam bisa mendapatan dan mengelola keuangan. Bukan seperti seorang akuntan publik tapi harus diajarkan konsep bahwa uang adalah sebagian kecil rejeki yang Allah berikan. Dan rejeki tidak melulu dalam bentuk uang.

Rejeki itu pasti, kemuliaanlah yang dicari

Beberapa hari menjalankan tantangan ini, hisyam dilatih membuat budget keuangan. Dengan menentukan keinginan atau kebutuhan saat ini. Memang tidak mudah, tapi setiap hisyam pergi ke supermarket ia selalu bertanya terlebih dahulu, apakah mainan ini mahal atau murah. Yup, sampai detik ini hisyam masih mengincar mainan. Agak kesulitan juga saya memahami tahapan perkembangannya. Apakah masih dalam batas kewajaran atau memang diberikan ketegasan dalam mengelola keuangan?

“Tidak usah memikirkan yang sudah lewat. Mendingan kita menikmati saat ini. Dan tak usah risau dengan masa depan yang belum tentu terjadi.” jelas suami tadi malam. Menyadari level kegalauan saya memuncak, suami pun menenangkan saya bahwa proses pengasuhan itu tidak instan, cukup bermodalkan sabar dan waktu.

Setuju.

 

-Umaknya Hisyam Ayyubi-

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top