Muhasabah Uncategorized

Kasih Sayang-Nya

Bismillah

Terkadang kita merasa semua pencapaian adalah usaha kita sendiri. Bangga akan hasil yang memuaskan karena kerja keras dengan segenap jiwa raga. Namun seringkali lupa bahwa semua ini ada campur tangan-Nya. Pantaskah kita merasa seperti itu? Melupakan kasih sayang-Nya?

Semisal saya ambil kasus menjadi tamu Allah. Merasa sudah menabung selama berpuluh purnama, kerja keras banting tulang tak kenal lelah dan merasa puas bisa berangkat ke Baitullah. Subhanallah.. janganlah seperti itu yaa ukht. Ingatkah kasus ter-hits se-antero Indonesia, travel umrah gagal memberangkatkan sekian ratus jamaahnya?

Lalu tidak sedikit cerita seorang bapak yang berprofesi ojek online, pun untuk makannya sangat sulit sekali, ia berhasil berangkat umrah oleh seseorang yang tidak dikenal olehnya. Kok bisa yah ukht? Apakah logikamu bisa mencari jawaban secara logis?

Apa? Kebetulan?

Wahai saudariku.. apakah engkau ingat dengan Qadar?
Semua perkara atau keadaan yang berlaku atau yang terjadi ke atas makhluk yang wujud di dalam alam semesta ini bukanlah suatu yang terjadi dengan sendirinya atau secara kebetulan.
Ia adalah suatu yang telah dirancang dengan teliti dari semua segi, semua ukuran, semua sudut dan semua keadaan oleh Allah Ta’alla sebagaimana yang telah difirmankan dalam surah al-Qamar ayat 49. Begitu juga di dalam surah al-Furqan ayat 2. Setiap ketentuan Allah itu adalah Qadar-Nya.

Betul sekali. Tidak ada yang namanya kebetulan.
Semua ini sudah ada campur tangan-Nya, dengan segala bumbu kasih sayang-Nya ditaburi setiap kejadian kita alami.

Apa yang kita lakukan?

Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu’, (yaitu) orang-orang yang meyakini, bahwa mereka akan menemui Rabb-nya, dan bahwa mereka akan kembali kepadaNya.

QS Al Baqarah 2: 45-46

Semoga bermanfaat.

#umakhisyam
#umakberkisah

Ananda Maharani
<p>Seorang umak yang berhijrah ke negeri jiran yang masih semangat belajar berkisah mengenai parenting, gaya hidup sehat, travelling dan teknologi . Terima kasih sudah membaca kisah umak. Semoga bermanfaat dunia akhirat.</p>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top