Uncategorized

Kehadiran Mama

Oleh: Ananda Putri Maharani

“Mama, sudah pulang, ya?” tanya Angah menarik tangan Mama yang hampir dibuatnya  limbung jatuh ke depan. Namun, dengan cepat Mama menahan kaki kanannya karena ada Amok masih pulas dalam dekapan Mama.

“Eh …, anak kesayangan Mama,” Mama merendahkan posisinya hingga sejajar tinggi Angah.

“Aku juga anak kesayangan Mama, kan?” sambar Along tanpa Mama sadari sudah berdiri di sampingnya.

“Semuanyaaa …, kesayangan Mama!” semangat Mama menarik ketiga anaknya ke dalam dekapan lebih erat lagi. Rindu dan hangat. Itulah perasaan Mama saat itu.

“Amok sudah sembuh, ya, Ma?” manik coklat bulat milik Along makin berbinar saat melihat Amok.

“Alhamdulillah,” lega rasa Mama menjawabnya, “kalian sudah makan siang belum?” tanya Mama seray melepas ikatan kain gendong perlahan-lahan.

“Beluuum,” serentak Along dan Angah yang sudah membayangkan masakan Mama.

“Subhanallah. Mama bebenah dan mandi dulu, ya. Kotor dari rumah sakit. Banyak sekali, kan virusnya,” jelas Mama.

Along dan Angah mengangguk tanda setuju.

Along memandangi punggung Mama yang tidak seberapa tinggi. Dengan anggunnya, Mama ‘menari’ sehingga menciptakan dua masakan yang selalu siap untuk dinikmati. 

Seringkali Along memperhatikan mulut Mama bergerak tanpa mengeluarkan suara sembari memasak. Ketika ditanya, apa yang digumamkannya itu, Mama hanya menjawab dengan tersenyum.

“Mama sedang berzikir,” timpal Papa yang sedari tadi memperhatikan Along melihat apa yang sedang Mama ucapkan saat masak di dapur.

“Kok?” Along merasa heran dan aneh.

“Iya, Mama cerita ke Papa, inginnya setiap yang ia masak selalu mendapatkan keberkahan dan menjadi tiket ke surga nanti,” jelas Papa.

“Ooh, pantesan, ya, Pa, masakan Mama selalu enak. Along suka semua masakan Mama,” kagum Along.

“Insyaallah,” ujar Papa.

Kerinduan Along akhirnya terbayar dengan kehadiran Mama di rumah, yaitu bisa kembali menikmati masakan Mama yang enak, lezat, dan juga barokah. 

Ananda Maharani
<p>Seorang umak yang berhijrah ke negeri jiran yang masih semangat belajar berkisah mengenai parenting, gaya hidup sehat, travelling dan teknologi . Terima kasih sudah membaca kisah umak. Semoga bermanfaat dunia akhirat.</p>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top