Uncategorized

Manajemen Waktu

Pernah gak sih kita merasa waktu yang kita punya ini terasa kurang? Jatah 24 jam habis begitu saja. Kepengen gitu bisa mengerjakan dan cepat selesai tugas-tugas yang sudah menumpuk bak Gunung Everest, yang mana puncaknya tak tampak.
Fiuh.. apalagi kalau melihat teman senasib yang bahkan beban tugasnya lebih banyak dari kita, bisa mengerjakan dengan tenang, happy dan selesai. Maidless pula. Hii.. serem gak sih?

Yap itu hanya tampak dari luar saja bro.. sis.. indah bukan? Apakah kita pernah bertanya terkait prosesnya? Bagaimana ia bisa mencapai hal seperti itu? Plus pake happy dan beres pula. Hmm.. tentunya sudah banyak jatuh bangun dan asam garam yang sudah dilewati tanpa mengeluh. Catat nih.. tanpa mengeluh dan banyak bersyukur!

Lalu bagaimana dengan kita? Apakah masih tetap menatap dengan rasa ingin seperti itu? Yah gak bisa dong.. harus ada yang kita rubah. Memindahkan comfort zone kita yang sudah mendarah daging ini. Eh..maaf yak, umak jadi rada galak. Sebenarnya ini untuk diri sendiri sih. Ingin mengentung kepala biar cepat sadarnya. Hahaha!

Terus solusinya gimana kakak?

Jawabannya.. Manajemen waktu.

a. Waktu shalat
Coba deh cek waktu shalat kita bagaimana? Apakah awal atau selalu diakhir waktu? Kalau diakhir waktu, dah pasti dong yaa doa-doa kita pun akan diakhirkan juga sama Maha Pencipta alam semesta dan se-isinya.
Jadi gak usah main-main lagi, tinggal segala semua pekerjaan jika adzan berkumandang.

b. To do list
Siapa yang punya?? Saya punya tapi jarang ditengok-tengok.
Yee.. sama aja bohong dong! Punya to do list tapi tidak dilaksanakan. Pernah dulu saat Co-Ass di FKUI, Jakarta membaca quotes di Departemen Ilmu Penyakit Dalam bahwa
“Kerjakan apa yang Anda tulis. Dan tulis apa yang Anda kerjakan.”
Soooo simple tapi mengena banget.
Apalagi orang pelupa seperti saya ini.. waduh kudu rajin mencatat prioritas-prioritas per hari, per minggu, bahkan bisa sampai per tahun.

c. Membuat Jadwal Rutin.
Come on!! Pre school aja punya jadwal rutin, masa kita enggak sih.. Jom-lah dibuat sekarang juga. Bebas asalkan kita happy.. contohnya pun banyak di Google maupun Pinterest. Kalau malas-malasan tinggal print ajah. Boleh kok.

d. Pasang Alarm
Ini membantu banget lho. Terutama jadwal boci a.k.a bobok siang. Kadang suka kebablasan. Tetiba van sekolah anak bujang sudah menunggu di bawah condo. Hadeehh.. itu pun badan berasa gak enak banget.

e. Kandangkan Gadget Time
Ini paling susah dan seringnya gak sadar sudah memakan waktu kita seharian. Mesti hati-hati. Sebaiknya gadget diletakkan ditempat yang tidak mudah terlihat (langsung), apalagi di depan anak-anak.

Jadi gimana?

Masih banyak banget artikel saran dan tips Manajemen Waktu. Tapi saya coba ambil yang paling sering muncul. Nampak sederhana, namun berbahaya juga bila kita lalai. (Istighfar)

Terima kasih semua. Wassalamu’alaikum.

#umakhisyam
#umakberkisah

Ananda Maharani
<p>Seorang umak yang berhijrah ke negeri jiran yang masih semangat belajar berkisah mengenai parenting, gaya hidup sehat, travelling dan teknologi . Terima kasih sudah membaca kisah umak. Semoga bermanfaat dunia akhirat.</p>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top