IP Kelas Bunda Sayang

Math is fun 15

Kamis, 12 April 2018

Bismillah

Bapak ibu boleh percaya atau tidak lho..bahwa anak-anak itu mempunyai kecerdasan yang sangat luar biasa. Bagaimana mereka menangkap dan menyeral semua informasi hanya saat melihat saja. Hal ini saya baru benar-benar paham dan percaya, bukan untuk memuji anak sendiri, tapi berbagai macam teori yang rumit dengan mudahnya ia serap “tanpa sengaja” karena tanpa disadari ia tidak merasakan kerumitannya. Tantangan kita sebagai orang tua adalah bagaimana menyederhanakan yang rumit menjadi suatu hal yang simpel dan menyenangkan. Bukan memperumit hal-hal yang sederhana.

***

Seperti biasa hisyam selalu bercerita tentang kegiatan di sekolahnya termasuk ada homework Bahasa Melayu (BM). Melengkapkan bait-bait pantun dan belajar melafazkannya.

Dari tugas BM nya ada dua konsep matematika dasar yang sudah diperkenalkan oleh hisyam tanpa sadar:

1. Konsep Himpunan, dimana hisyam harus bisa mengkelompokan dengan memperhatikan bunyi akhir baris dari kalimat-kalimat pantun sehingga menjadi bait yang sempurna.

2. Konsep Konstruksi/Penyusunan, dimana hisyam harus memahami kerangka pola dari pantun tersebut. Dengan menyertakan syarat-syarat pantun yang terdiri dari (sumber: Bahasa Melayu text book) satu bait terdiri dari empat baris dan bersajak AB-AB dan/atau AA-AA.

Apakah hisyam paham sepenuhnya? Tentu saja tidak. Tingkat kekritisan yang luar biasa, banyak pertanyaan yang bertubi-tubi untuk saya. Untungnya saya tidak jago pantun. Jadi saya serah terimakan ke papanya..hehehe

Math is fun, right?

Umaknya Hisyam Ayyubi-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top