Celoteh Umak Daily Stories Mother's life

Pilar-pilar Gemar Rapi (Part 2)

Bismillah

5. Kebutuhan ‘Personalized’
Pilar gemar rapi kali ini lebih ditekankan kepada kebutuhan personal, baik utnuk diri sendiri maupun anggota keluaega di rumah. Tujuannya adalah untuk memahami semua kebutuh tersebut agar menjadi satu gelombang agar rumah rapi dan aman. Selain itu seluruh anggota pun dibiasakan untuk saling memahami dan menghormati kepemilikan benda-benda orang lain.

5.1 Apakah saya sudah memahami kebutuhan diri sendiri dan serta anggota keluarga dalam kepemilikan benda-benda di rumah? 
Alhamdulillah, iya. 
Walaupun terkadang masih masih melihat atau membandingkan diri satu dengan yang lain. Astaghfirullah.

5.2 Hasil diskusi
Untuk mulai berbenah, alhamdulillah suami dan anak-anak menyerahkan sepenuhnya ke saya. Namun ini semua tergantung area rumah mana terlebih dahulu untuk dibenahi.

Tabel 1. Hasil Diskusi Berbenah

6. RASA

“Tempat yang nyaman adalah tempat yang ketika berada di sana kita merasa jauh dari stress dan pikiran negatif.” 

Hygge (Denmark)
Gambar 1. Kriteria Hygge

7. Kondisi rumah saat ini


Tabel 2. Kondisi Rumah

Betul, kondisi rumah saat ini masih jauh dari kata safety dan hygiene. Why?
Ukuran condo yang kami sewa ini sebesar 454 sqt. Tidak ada sekat antara pintu masuk, dapur dan kamar utama. Jika digambarkan seperti kamar hotel ukuran studio. Tidak ada privasi antara satu dengan yang lainnya. Bahkan saat tibanya masak di dapur, aroma bumbu dapur saat menumis langsung terasa ketika anak-anak tidur siang. Terkecuali kamar mandi dan teras balkon. Jadi betapa mudahnya terkontaminasi kuman saat saya menyiapkan makanan, sungguh masih jauh dari ‘9 Home Safety Rules’ tetapi kami tetap berusaha untuk ke arah sana.

8. Upaya kecintaan terhadap lingkungan
Upaya ini masih coba diterapkan perlahan-lahan di rumah. Saya sendiri pun masih berproses ke arah sana. Jadi sangat sulit sekali jika saya sendiri belum ada pengetahuan tentangnya dan tidak memberikan tauladan yang baik kepada anggota keluarga di rumah.

Alhamdulillah. Semoga bermanfaat.

#umakhisyam
#umakberkisah

#Task3GP #gemaripratama #angkatan2 #GP2kelas1 #menatadirimenatanegeri #gemariclass #metodegemarrapi #berbenahalaIndonesia #indonesiarapi #serapiitu #segemariitu

Ananda Maharani
<p>Seorang umak yang berhijrah ke negeri jiran yang masih semangat belajar berkisah mengenai parenting, gaya hidup sehat, travelling dan teknologi . Terima kasih sudah membaca kisah umak. Semoga bermanfaat dunia akhirat.</p>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top