Daily Stories Mother's life Muhasabah

Qiyamul Lail

Bismillah

Beberapa hari ini saya tidur di atas pukul 00:00 WIB. Selain ada amanah yang saya emban dan tugas kuliah online yang harus segera diselesaikan, waktu malam lebih mengarah untuk menikmati ‘Me Time‘ setelah nak-anak Melayu saya tertidur pulas. Walaupun kegiatan ‘Me Time‘ ini sedikit manfaatnya, tapi setelah berjibaku dengan urusan domestik, bermain dengan anak piyik (no layar sama sekali) dan menemani anak bujang belajar saat pagi sampai sore hari, badan yang hampir drop ini masih butuh mencari hiburan.

Yap.. bisa hiburan film, berita-berita atau membaca chat Whatsapp Group, bagi saya itu sudah termasuk hiburan. Hahaha. Sambil ngemil kacang pistachio dan segelas air hangat cukup men-charge tenaga untuk di pagi hari nanti.

Namun semua pilihan pasti ada konsekuensi yang diterima bukan?

Betul. Untuk shalat Qiyamul lail pun menjadi sangat sulit. Semisal saya baru bisa tidur pukul 03:00 WIB (ini batas waktu yang saya pilih agar tubuh dapat beristirahat) dan waktu Shubuh di mulai pukul 04:58 WIB maka itu saya mempunyai waktu istirahat 1 jam 58 menit. Jadi waktu kapan sebaiknya untuk shalat Qiyamul lail?

Dalam hadits riwayat Imam Bukhari dan Imam Muslim Rasulullah Salallahualahi Wasallam bersabda,

“Setiap malam Allah SWT turun ke langit dunia sampai tersisa sepertiga malam yang terakhir. Ia (Allah) pun berkata,” Adakah hamba-Ku yang meminta sehingga pasti Aku berikan apa yang dia minta? Adakah hamba-Ku yang berdoa hingga pasti Aku kabulkan doanya? Adakah hamba-Ku yang ber-istighfar sehingga Aku ampuni dosanya?”

Sepertiga malam terakhir. Kira-kira pukul berapa ya?

Berdasarkan hadist shahih di atas, waktu ini merupakan waktu yang paling utama bagi Ndilakukannya shalat Qiyamul Lail. Jika direntangkan, waktu sepertiga malam terakhir itu antara pukul 01.00 hingga sebelum memasuki waktu subuh.

Nah apakah 30 menit sebelum waktu shubuh boleh menegakkan shalat Qiyamul Lail?
Waktu malam itu kita bagi menjadi tiga bagian. Sepertiga pertama, sepertiga kedua, sepertiga terakhir. Untuk sepertiga malam pertama memiliki rentang waktu ini adalah setelah sholat Isya’ hingga pukul 22.00. Tetapi perlu diingat, walaupun masih beda pendapat ulama shalat qiyamul lail ini tetap harus diawali dengan tidur terlebih dahulu meski sejenak.
Sedangkan untuk sepertiga malam kedua masuk pada rentang 22:00 – 01:00. Konon katanya waktu bagian kedua malam ini memiliki keistimewaan tersendiri lho, karena banyak orang yang merasa kesulitan untuk bangun malam pada rentang pukul tersebut.
Nah.. sekarang kita memasuki sepertiga malam terakhir, ternyata eh ternyata rentang waktunya adalah dari pukul 01:00 hingga sebelum memasuki Shubuh lho..

So, sudah menjawab pertanyaan kah tadi? In syaa Allah sudah yah gaes..

Alhamdulillah

#umakhisyam
#umakberkisah

Ananda Maharani
<p>Seorang umak yang berhijrah ke negeri jiran yang masih semangat belajar berkisah mengenai parenting, gaya hidup sehat, travelling dan teknologi . Terima kasih sudah membaca kisah umak. Semoga bermanfaat dunia akhirat.</p>

2 thoughts on “Qiyamul Lail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top