IP Kelas Bunda Sayang

Review Day 2: Ketika Fitrah Seksualitas tumbuh dan harus dijaga

Bismillah

Begitu banyaknya kesalahan pengasuhan yang terjadi di sekitar kita. Tantangan pengasuhan bukan lagi sulit membangunkan anak shalat shubuh, mandi pagi dan sore, menghabiskan makanan namun makin maraknya penyimpangan-penyimpangan fitrah manusia.

Menurut KPAI pada tahun 2017 bahwa kasus LGBT menjadi permasalahan kedua terbesar anak di Indonesia. Komunitas ini telah mengkampanyekan orientasi seksual menyimpang secara masif, cepat dan terorganisir.

Lalu harus bagaimana kita menyikapi tantangan ini?

Rumah. Jawabannya mungkin tampak sederhana tapi ini adalah pondasi kekuatan dalam menumbuhkan dan menjaga fitrah seksualitas anak.

Kurangnya ilmu pengetahuan tentang seksualitas dan lalai dalam mengajarkan bisa menyebabkan penyimpangam fitrah seksualitas pada anak. Topik seksualitas bukanlah hal tabu lagi untuk dibahas bersama dirumah. Ada fase-fase pengenalan gender sejak dini agar menjadi pribadi yang paripurna.

Apa saja yang kita lakukan didalam rumah agar fitrah seksualitas anak tumbuh dan terjaga dengan baik?

1. Buatlah kedekatan dengan anak-anak dirumah. Dengan memantaskan diri sebagai orangtua yang selalu bisa hadir jika bersama-sama dengan mereka dirumah.

2. Menjadi teladan yang baik. Terutama menjaga aurat dan menjalankan peran sesuai fitrahnya.

3. Sex Education sejak dini.

4. Menumbuhkan dan menjaga fitrah seksualitas anak seusai rentang usia.

Jika pondasi rumah sudah kuat, in syaa Allah saat menjaalankan perannya di masyarakat nanti bisa sesuai fitrahnya. Aamiin.

Semoga bermanfaat.

-Umaknya Hisyam Ayyubi-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top