Uncategorized

Reviu Buku ‘Muamalah Untuk Anak’

Ananda Putri Maharani

Gambar 1. Tampak Depak Buku Muamalah untuk Anak
(Dokumentasi Pribadi)

Sebenarnya buku ini sudah kami miliki beberapa bulan yang lalu. Namun, sempat tersimpan cukup aman di dalam kardus saat kami pindahan dulu. Cara mendapatkannya pun cukup unik. Saya memesannya di jasa titip yang sudah lama tinggal di Malaysia.

Berikut detail informasi, sinopsis dan reviu dari saya.

Penulis: 

Muhammad Ibrahim Saleh,Lc dan Tim Sekolah Muamalah Indonesia

Penerbit:

CV Portal Media Grup

Tahun cetak:

2017

Sinopsis:

Dalam Islam, jual beli hanya didapatkan oleh orang yang telah mencapai baligh. Namun, bukan berarti pendidikan jual beli untuk si buah hati kita abaikan. Kesulitan yang dihadapi orang tua dalam mengajarkan anak tentang ekonomi Islam, terutama jual beli yang Syari, insyaallah akan terbantukan dengan cerita bergambar Muamalah untuk Anak pada seri ini.

Review pribadi:

Buku ini termasuk salah satu, favorit si anak bujang. Bentuk lima cerita pendek yang disuguhkan untuk anak ini sangat mudah dipahami dan mengarahkan anak-anak dalam bermuamalah. Tidak ada unsur menggurui maupun menasihati. Kisah yang dikemas merupakan keseharian anak-anak bersama orang tuanya, teman-temannya sampai lingkungan sekitar. Sehingga, tidak sulit mengajak anak turut menyelam dalam ceritanya.

Adapun pada akhir setiap kisah, terdapat pendukung hadisnya, lengkap dengan nomornya. Para orang tua yang mendampingi saat membacakannya tidak merasa kesulitan dengan pertanyaan ‘ajaib’ dari mulut anak-anak. Selain itu, pemilihan hadisnya tidak terlalu panjang, sehingga hadis-hadis tersebut sangat memudahkan anak-anak untuk turut menghapalnya berdasarkan cerita keseharian anak-anak. Terutama untuk anak saya yang berusia sepuluh tahun.

Lalu, gambar yang disajikan pun tidak kalah menarik perhatian untuk anak usia 3-4 tahun. Sudut pandang yang digambarkan sungguh menarik dan penuh dengan warna. Secara nyata, anak-anak pun bisa merasakan dengan baik. Apalagi kesesuaian naskah dan gambarnya sudah baik.

Akhirnya, buku ini termasuk yang selalu ditaruh dalam rak yang mudah dijangkau oleh anak-anak di rumah. Agar mereka bisa mengambil, melihat, dan kadang membacanya kembali. 

Masyaallah Tabarakallah.

Nilai: Sungguh tidak adil jika saya tidak memberikan lima bintang. 

Jadi, bagi Ayah dan Bunda yang ingin mencari buku muamalah untuk buah hati di rumah. Saya sarankan buku ini wajib Anda miliki.

Terima kasih.

Semoga bermanfaat.

Ananda Maharani
<p>Seorang umak yang berhijrah ke negeri jiran yang masih semangat belajar berkisah mengenai parenting, gaya hidup sehat, travelling dan teknologi . Terima kasih sudah membaca kisah umak. Semoga bermanfaat dunia akhirat.</p>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top