IP

Rumah Semut

Kamis, 9 November 2017

Bismillah…

Menjelang usia tujuh tahun ini, saya sering merasa kewalahan akan semua pertanyaan-pertanyaan hisyam. Tak cukup hanya satu, bisa melebihi yang ia sadari. Rasa penasarannya bertajuk lingkungan sekitarnya. Hingga suatu sore hari, dihalaman rumah eyangnya, hisyam menemukan rumah semut. Berlari mondar-mandir tiada henti. Ada apa gerangan?

Masih mencoba berlatih menggunakan kaidah komunikasi produktif, dengan mengganti kalimat interogasi dengan pernyataan observasi.

“Nak, lagi ngapain? Kok berlari-lari..ada yang seru yah? Mau dong mama tahu”

“Aku mau ambil kaca pembesar ma..mau lihat rumah semut”

Setelah saya cermati kegiatan hisyam sore itu, memang hisyam termasuk pembelajar kinestetik. Yang mana dimana ia akan sangat senang dan cepat mengerti bila informasi yang harus diserapnya terlebih dahulu “dicontohkan” atau ia membayangkan orang lain melakukan hal yang akan dipelajarinya. Singkatnya “Do It”.

photo_2017-11-09_21-00-04

Sedikit banyak hisyam mengalami kesulitan, yang ia teliti hanya lubang (pintu gerbang) rumah semut karenanya. Hmm..baiklah perlu sedikit gambaran agar imajinasinya bisa berkembang luas. Buku ensiklopedia koleksi kami dirumah.

Saya coba merefleksikan pengalaman kecil saya.

“Nak, ketika mama masih kecil sering kesulitan belajar jika tidak ada buku panduannya. Abang ingatkan kalau abang mempunyai buku ensiklopedia tentang Dunia Hewan?”

“Yang mana yah ma?”

“Yang ini lhoo..” Sambil saya beri bukunya

“Ooohh iyaaa..” dengan semangat ia buka halaman penjelasan rumah semut “Ini diaa..” girangnya…

“Makasiihh mamaa..aku sayang mama..”

“Mama sayang hisyam..”

So which of the favors of your Lord would you deny?

(Surah Ar-Rahman 55:13)

Aahhh nikmatnya. Alhamdulillah

Mama sayang hisyam dan ayyubi.

-Mama hisyam ayyubi-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top